Kasus Pertama

| Senin, 16 Mei 2016
 Kasus:  38 Situs pemerintah Surabaya berhasil dilumpuhkan hacker
38 Situs pemerintah Surabaya berhasil dilumpuhkan hacker
       Reporter : Dwi Andi Susanto | Rabu, 4 Desember 2013 22:28
Semua website sub domain pemerintah Surabaya diretas. ©2013 Merdeka.com
Merdeka.com - Sebanyak 38 situs pemerintahan kota Surabaya berhasil down dan dideface oleh peretas yang menamakan dirinya Larcenciels.Semua situs-situs yang berhasil lumpuh tersebut adalah milik pemerintah Surabaya yang menggunakan domain xxx.Surabaya.go.id. Pada umumnya, peretas akan meninggalkan pesan kepada sang pemilik website berupa tampilan deface. Namun, Larcenciels ini hanya mengubah tampilan ke 38 website tersebut dengan gambar ber-background hitam serta sedikit tulisan saja. Sayangnya, sang peretas tidak menjelaskan alasan kenapa mereka melakukan peretasan atau deface ini. Kemungkinan besar, pelaku peretasan ini hanya ingin memberitahukan kepada pemilik website bahwa ada celah keamanan yang berbahaya dan berhasil mereka terobos. Akan tetapi pertanyaannya adalah kenapa hanya semua sub domain Surabaya.go.id saja yang mereka lumpuhkan?
Menurut UU ITE
Pasal 30 UU ITE tahun 2008
1.      Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses  
Komputer dan/atau Sistem Elektronik milik Orang lain dengan cara apa pun.
2.      Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses
Komputer dan/atau Sistem Elektronik dengan cara apa pun dengan tujuan untuk memperoleh Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik.
3.      Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses
Komputer dan/atau Sistem Elektronik dengan cara apa pun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan (cracking, hacking, illegal access).
Penyelesaiannya
Di dalam kasus tersebut di atas belum ditemukan penyelesaiannya.
Pendapatnya
Ini harus dijadikan pembelajaran bagi pemerintah Surabaya karena bukan hanya satu situs pemerintahan yang di bobol,ini sampai 38 situs yang di bobol.Dan setelah kasus ini pemerintah Surabaya harus ekstra hati-hati dalam mengamankan situs-situs resmi yang mereka punya agar tidak terulang kembali.

0 comments:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲